Shalat Malam dan Alarm

Kenapa terasa sulit untuk bangun malam??

Kenapa harus dibantu dengan dengan Alarm??

Apakah terlalu berat? Atau syaithan terlalu kuat menggoda hingga selimut lebih indah dibandingkan Allah dan apa yang dijanjikannya? Ataukah kita terlalu sibuk di siang hari, sehingga badan menjadi letih dan tak kuat untuk bangun malem?? Atauhkah termasuk yang melalaikan waktunya, hingga menghabiskan waktu malamnya untuk bergadang dan melupakan ibadah kepada Allah ta'ala? Ataukah termasuk orang yang tak pernah ada dalam hatinya untuk bangun malam beribadah kepada Sang Kholiq.

Shalat malam penuh dengan kutamaan dan sangat dianjurkan oleh Nabi saw. Seorang yang mempunyai tekad yang kuat untuk melaksanakannya, menempuh berbagai cara untuk mampu bangun di tengah malam, saat dimana seharusnya ia tidur dengan nyenyaknya di pembaringan, saat kantuk masih menggoda dan merayu. Orang yang mempunyai azam yang kuat dan dan mampu bangun dengan cepat, bagi orang seperti ini tidaklah menjadi kendala dan sangatlah mudah baginya. Tapi bagaimana dengan seseorang yang sulit untuk bangun, sedangkan ia ingin bangun malam?! Berbagai cara ditempuh untuk dapat bertemu dan bemunjat dengan Rabb di pertengahan malam.

Alarm mempunyai peran penting dan sangat membantu untuk menghacurkan lelapnya tidur dan indahnya mimpi. Saat seorang tertidur dan alarm berbunyi, tentu ini akan mengganggu keheningan malam, dan pasti membuat orang disampingnya terbangun, kemudian bersiap-siap untuk bangun dan bergegas mengambil wudlu kemudian shalat malam. Tapi walau terkadang sebagian orang terbangun dengan alarm yang telah disetnya hanya untuk mematikan alarm, kemudian tidur kembali dengan neyenyaknya, atau menunda alarm sampai menjelang subuh, sehingga ia waktu malam lewat begitu saja.

Semoga Allah mejadikan kita hamba-hamba-Nya yang selalu mengingat-Nya di waktu siang dan malam, saat sepi dan rami, dalam setipa waktu kita.

Bagikan :
Newer Posts Older Posts
© Copyright Blog Syam
Back To Top