Temukan jawabannya dengan bersabar

Seberapa sabarkah kita dalam hidup yang kita jalani? Atau sempurnakah sabar yang kita miliki?

Bukankah Allah telah menyebutkan bahwa Ia mencintai orang-orang yang bersabar (و الله يحب الصابرين), Allah mencitai orang-orang yang sabar (والله مع الصابرين). Nilai ini sungguh sangat tinggi, cinta Allah, kebersamaan dengan-Nya, adakah yang lebih berharga setelah itu, lebih berharga dari apa yang ada di atas dunia dan isinya.

Sabar adalah sebuah kekuatan, power yang ada dalam jiwa seseorang ketika menghadap segala aspek kehidupan. Sabar bukanlah mengalah saat dizholimi, atau duduk berpangku tangan ketiaka ada suatu masalah atau musibah. Tapi sabar lebih jauh dari itu, bahkan ia adalah kekutan untuk bertahan dan berkembang. Keberhasilan tentu akan setelah kesabaran, sabar dalam menjalani segala proses; seseorang yang sabar dalam belajar, mengembangkan diri dengan membaca, menambah pengetahun, mengorbankan waktu, tenaga dan harga untuk harga sebuah keberhasilan. Kalaulah ia terdiam, putus harapan di tengan jalan, akan ia akan sampai pada titik keberhasilan. Karena hidup ini membutuhkan proses, dan proses ini harus dijalani dengan kesabaran dan ketabahan.

Allah ta'ala mengajarakan untuk mendapatkan pertolongan-Nya dengan melaksanakan shalat dan kesabaran (يا أيها الذين آمنوا استعينوا بالصبر والصلاة إن الله مع الصابرين). Disinilah kita akan menemukan kekuatan dan kemenangan. Selain sabar dalam musibah ada sabar dalam dua hal yaitu sabar dalam meniggalkan perbuatan haram dan sabar dalam melaksanakan ketaatan, dan yang keduanya ini lebih besar pahalanya, sebagaimana disebutkan dalam tafsir ibnu katsir.

Ya Allah jadikalan kami hamb-hamb-Mu yang bersabar!

Bagikan :
Newer Posts Older Posts
© Copyright Blog Syam
Back To Top