Surat


Kepada Adikku

di medan ilmu



Semoga berkah dan ridho Allah selalu menyertaimu dalam jalan ini. Semangat tetap membara dan bergelora untuk tetap maju dan melangkah ke depan untuk menyongsong kemajuan.



Adikku...

Waktu muda adalah emas berharga, waktu adalah mata pedang yang siap menebas leher jika kamu abaikan dan menyianyakannya.


Pergunakan waktu! Di tempat yg mulia ini, temukan nilai-nilai nan tinggi, pengalaman berharga, jangan biarkan waktu berlalu tanpa makna yang didapat, jangan sampai terbuang yang akan menjadi penyesalan!

Adikku...
Waktu dan sabar! Dengan ilmu ini, Allah mengangkat derajat orang yang berilmu beberapa derajat. Maka hiasi hari-harimu dengan usaha keras untuk mendapatkan ilmu ini, jangan putus semangat! Ini memerlukan juhud, sabar, karena jalannya panjang dan penuh ujian, sebatas mana kamu bersabar terhadap ujian tersebut, sampai disitulah sesuatu yang kamu cari, atau bahkan lebih sedikit.

Adikku...
Jalan orang-orang mulia! Jalan ini adalah jalannya ulama-ulama kita terdahulu, mereka telah menggores sejarah merubah peradaban manusia, dengan tinta-tinta yang telah terukir dalam manuskrif-manuskrif yang menjadi rujukan umat sesudah mereka. Untuk mencapai tingkat ini, jelas dengan menuntut ilmu tersebut, kita telah dengar bagaimana salah satu dari mereka melakukan perjalan yang jauh dan melelahkan untuk mendapatkan sebuah hadis.

Adikku..
Persiapkan diri! Jalan masih panjang, tentulah bekas harus disiapkan, tentulah dengan menguasai pelajaran-pelajaran & pengalaman-pengalaman. Saat ini adalah tuk mempersiapkan diri, kelak pada waktunya kamu akan menyampaikan kepada orang lain. 'Orang yang tidak memiliki sesutu, tak mungkin akan memberikan sesuatu kepada orang lain'. Bersiap dengan sgala sesuatu, untuk menghadapi kehidupan yang lebih luas.

Carilah teman yang tepat! Bergabunglah bersama teman-teman yang mampu memberikan manfaat, belajar bersama, diskusi, mengingatkan ketika lupa, memberi nasehat. Dengan teman tepat, kita bisa mempertahankan keimanan, semangat. Di sekitarmu ada ustadz, ada kawan, jadikanlah mereka sebagai wasilah untuk berkembang, berbagi dan bertanya..

Raihlah sebanyak mungkin! Perbanyaklah membaca, bukalah cakrawala yang luas, jangan rela hanya dengan apa yang kamu dapatkan sekarang. Ini adalah persiapan untuk masa depan yang panjang dan rumit.

Jagalah taqwa dalam hatimu! Firman Allah yang artinya, 'bertakwalah kepada Allah, niscaya Allah akan mengajarkan kamu'.

Hiasi dan perindah dirimu Al-Quran, akhlak mulia, pergaulan yang baik. Jangan pernah sombong, baek dengan ilmu maupun dengan hal laen.
Kakak hanya berdoa smoga tetap semangat. Sukses selalu, diberkahi dimana jua berada. Smoga mendapat ilmu yang bermanfaat.


Salam


Bagikan :
Newer Posts Older Posts
© Copyright Blog Syam
Back To Top